Kerajaan Kutai adaah kerajaan pertama di Indonesia yang dipengaruhi oleh ajaran agama Hindu. Letak Kerajaan Kutai berada di sekitar hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Nama kerajaan ini disesuaikan dengan tempat penemuan prasasti bersejarah. Karena prasasti-prasasti yang ditemukan tidak menyebutkan nama kerajaan tersebut, sehingga para ahli membeli nama kerajaan tersebut dengan Kutai. Wilayah kerajaa Kutai diperkirakan berada di daerah yang saat ini kita kenal sebagai Kabupaten Kutai Kartanegara.
sejarah peta kutai kartanegara
Bukti tentang keberadaan Kerajaan Kutai dapat diketahui dari tujuh buah batu bertulis yang disebut yupa. Yupa merupakan batu bertulis yang dibuat sebagai peringatan upacara kurban. Berdasarkan ketujuh yupa tersebut dapat diketahui bahwa Kerajaan Kutai berdiri sekitar abad 5 Masehi atau sekitar tahun 400 Masehi. Yupa tersebut juga menyatakan bahwa raja yang memerintah saat itu adalah Raja Mulawarman, karena Raja Mulawarman yang memerintahkan pembuatan yupa.
Raja Mulawarman diperkirakan merupakan nama asli Indonesia karena kakeknya bernama Kudungga. Kudungga merupakan nama asli Indonesia. Kudungga mempunyai putra bernama Aswawarman. Aswawarman merupakan nama yang berasal dari bahasa Sanskerta. Bahasa sanskerta adalah bahasa asli dari Indonesia dan penggunaan bahasa ini bisa kita jumpai dalam sejumlah prasasti di Nusantara, misalnya Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Aswawarman disebut sebagai Wamsakarta atau pembentuk keluarga.
Pada saat Aswawarman naik tahta, ia dinobatkan sebagai raja dengan cara Hindu. Penobatan raja diperkirakan dilakukan dengan cara vratyastoma, yaitu pengangkatan seseorang menjadi kasta yang tinggi atau bangsawan. Kasta bangsawan adalah tingkatan tertinggi pembagian masyarakat Hindu selain kasta Brahmana, kasta Ksatria, kasta Waisya, dan kasta Sudra. Raja Aswawarman memiliki tiga orang putra, salah satunya adalah Mulawarman.
Melalui prasasti yang berupa yupa juga diketahui bahwa Kerajaan Kutai beragama Hindu. Hal ini didasarkan kepada informasi yang terdapat pada salah satu yupa yang menyatakan bahwa Raja Mulawarman memberikan sedekah berupa 1.000 ekor lembu kepada para Brahmana di tempat suci Waprakeswara. Waprakeswara adalah tempat suci yang digunakan masyarakat untuk menyembah Dewa Siwa, yaitu salah satu Dewa Trimurti dalam agama Hindu.

  • 101 - Penempatan Lembah Bujang yang menggunakan aksara Sanskrit Pallava membuktikan hubungan dengan India di Sungai Batu. [1]
  • 300 - Kerajaan-kerajaan di asia tenggara telah melakukan hubungan dagang dengan India. Hubungan dagang ini mulai intensif pada abad ke-2 M. Memperdagangkan barang-barang dalam pasaran internasional misalnya: logam mulia, perhiasan, kerajinan, wangi-wangian, obat-obatan. Dari sebelah timur Indonesia diperdagangkan kayu cendana, kapur barus, cengkeh. Hubungan dagang ini memberi pengaruh yang besar dalam masyarakat Indonesia, terutama dengan masuknya ajaran Hindu dan Budha, pengaruh lainnya terlihat pada sistem pemerintahan.
  • 300 - Telah dilakukannya hubungan pelayaran niaga yang melintasi Tiongkok. Dibuktikan dengan perjalanan dua pendeta Budha yaitu Fa Shien dan Gunavarman. Hubungan dagang ini telah lazim dilakukan, barang-barang yang diperdagangkan kemenyan, kayu cendana, hasil kerajinan.
  • 400 - Hindu dan Budha telah berkembang di Indonesia dilihat dari sejarah kerajaan-kerajaan dan peninggalan-peninggalan pada masa itu antara lain prasasti, candi, patung dewa, seni ukir, barang-barang logam. Keberadaan kerajaan Tarumanagara diberitakan oleh orang Cina.
  • 603 - Kerajaan Malayu berdiri di hilir Batang Hari. Kerajaan ini merupakan konfederasi dari para pedagang-pedagang yang berasal dari pedalaman Minangkabau. Tahun 683, Malayu runtuh oleh serangan Sriwijaya. {referensi?}
  • 671 - Seorang pendeta Budha dari Tiongkok, bernama I-Tsing berangkat dari Kanton ke India. Ia singgah di Sriwijaya untuk belajar tata bahasa Sanskerta, kemudian ia singgah di Malayu selama dua bulan, dan baru melanjutkan perjalanannya ke India.
  • 685 - I-Tsing kembali ke Sriwijaya, disini ia tinggal selama empat tahun untuk menterjemahkan kitab suci Budha dari bahasa Sanskerta ke dalam bahasa Tionghoa.
  • 692 - Salah satu kerajaan Budha di Indonesia yaitu Sriwijaya tumbuh dan berkembang menjadi pusat perdagangan yang dikunjungi oleh pedagang Arab, Parsi, dan Tiongkok. Yang diperdagangkan antara lain tekstil, kapur barus, mutiara, rempah-rempah, emas, perak. Wilayah kekuasaannya meliputi Sumatera, Semenanjung Malaya, Kamboja, dan Jawa. Sriwijaya juga menguasai jalur perdagangan Selat Malaka, Selat Sunda, dan Laut China Selatan. Dengan penguasaan ini, Sriwijaya mengontrol lalu lintas perdagangan antara Tiongkok dan India, sekaligus menciptakan kekayaan bagi kerajaan.
  • 922 - Dari sebuah laporan tertulis diketahui seorang musafir Tiongkok telah datang kekerajaan Kahuripan di Jawa Timur dan maharaja Jawa telah menghadiahkan pedang pendek berhulu gading berukur pada kaisar Tiongkok.
  • 932 - Restorasi kekuasaan Kerajaan Sunda. Hal ini muncul melalui Prasasti Kebon Kopi II yang bertanggal 854 Saka atau 932 Masehi. [2]
  • 1292 - Musafir Venesia, Marco Polo singgah di bagian utara Sumatera dalam perjalanan pulangnya dari Tiongkok ke Persia melalui laut. Marco Polo berpendapat bahwa Perlak merupakan sebuah kota Islam.
  • 1292 - Raden Wijaya, atas izin Jayakatwang, membuka hutan tarik menjadi permukiman yang disebut Majapahit. Nama ini berasal dari pohon Maja yang berbuah pahit di tempat ini.[3]
  • 1293 - Raden Wijaya memanfaatkan tentara Mongol untuk menggulingkan Jayakatwang di Kediri. Memukul mundur tentara Mongol, lalu ia naik takhta sebagai raja Majapahit pertama pada 12 November.[3]
  • 1293 - 1478 - Kota Majapahit menjadi pusat kemaharajaan yang pengaruhnya membentang dari Sumatera ke Papua, kecuali Sunda dan Madura. Kawasan urban yang padat dihuni oleh populasi yang kosmopolitan dan menjalankan berbagai macam pekerjaan. Kitab Negarakertagama menggambarkan keluhuran budaya Majapahit dengan cita rasa yang halus dalam seni, sastra, dan ritual keagamaan.[3]
  • 1345-1346 - Musafir Maroko, Ibn Battuta melewati Samudra dalam perjalanannya ke dan dari Tiongkok. Diketahui juga bahwa Samudra merupakan pelabuhan yang sangat penting, tempat kapal-kapal dagang dari India dan Tiongkok. Ibn Battuta mendapati bahwa penguasa Samudra adalah seorang pengikut Mahzab Syafi'i salah satu ajaran dalam Islam.
  • 1350-1389 - Puncak kejayaan Majapahit dibawah pimpinan raja Hayam Wuruk dan patihnya Gajah Mada. Majapahit menguasai seluruh kepulauan di asia tenggara bahkan jazirah Malaya sesuai dengan "Sumpah Palapa" yang menyatakan bahwa Gajah Mada menginginkan Nusantara bersatu.
  • 1478 Majapahit runtuh akibat serangan Demak. Kota ini berangsur-angsur ditinggalkan penduduknya, tertimbun tanah, dan menjadi hutan jati.[3]
  • 1570 - Pajajaran, ibukota Kerajaan Hindu terakhir di pulau Jawa dihancurkan oleh Kesultanan Banten.

Kerajaan Hindu/Buddha

Kerajaan Hindu/Buddha di Kalimantan

Kerajaan Hindu/Buddha di Jawa

Kerajaan Hindu/Buddha di Sumatra

Referensi: id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Kutai

0 komentar:

Posting Komentar